Aturan 25/5 Warren Buffett Untuk Meningkatkan Produktivitas

Aturan 25/5 Warren Buffett Untuk Meningkatkan Produktivitas

Siapa yang tidak kenal Warren Buffett. Saat artikel ini dibuat, dengan kekayaan $84 B, Warren Buffett menduduki peringkat ketiga manusia terkaya di Amerika Serikat dan dunia. Warren Buffett juga menjadi orang yang dianggap sebagai investor yang sukses di seluruh dunia.

Siapa sangka dengan kekayaan segitu banyaknya, Buffett masih tinggal dirumah yang sama sejak 1958. Tidak hanya itu Warren Buffett juga pernah berjanji untuk memberikan 99% kekayaannya untuk amal, melalui The Bill and Melinda Gates Foundation.

80% waktunya setiap hari dihabiskan untuk membaca. Saat ditanya apa yang membuat Buffett sukses seperti sekarang ini, Buffett menunjuk setumpukan buku dan menjawab

” Read 500 pages like this everyday “

Bagi Warren Buffett membaca adalah investasi terbaik. Dia juga menambahkan bahwa

“That’s how knowledge works. It builds up, like compound interest”

Dari sekilas fakta diatas, kita bisa mengetahui bagaimana Buffett menghabiskan waktunya, tenaga dan hasil kerjanya

Warren Buffett

Cerita berikut ini terjadi ketika Buffett dan Pilotnya mengobrol dalam sebuah penerbangan. Buffett meneceritakan bagaimana dia mengatur fokus. Dan cara yang disampaikan Buffett bisa dilakukan siapapun tanpa terkecuali.

———

WARREN BUFFETT DAN PILOTNYA

Make Flint telah menjadi pilot pribadi Buffett selama 10 tahun. Pada saat penerbangan, Flint mengaku pernah bercerita dengan Buffett tentang bagaimana dia mencapai semua tujuan dan prioritasnya.

Dalam percakapan itu, Flint diminta Buffett untuk menuliskan 25 daftar tujuan/cita-citanya yang dia inginkan dalam beberapa tahun kedepan sepanjang hidupnya. Menulis 10 goals mungkin mudah, tetapi menulis 25 goals sekaligus nampaknya bukan suatu perkara yang bisa dianggap sepele.

Butuh beberapa menit sampai Flint berhasil menyelesaikan apa yang diperintahkan Buffett. Kemudian Buffett bertanya kepadanya untuk mereview setiap item dalam daftar dan melingkari 5 teratas yang paling dia inginkan untuk dicapai. Flint merasa ragu karena bagi dia semua yang ada di daftar tersebut penting.

Sesuai perintah Buffett, Flint kemudian memilih dan melingkari 5 daftar goalsnya teratas. Maka, sekarang Flint memilki 2 daftar. pertama 5 daftar mimpi yang paling dia inginkan, kedua daftar sisa dari mimpi yang tidak dipilih.

Buffett kemudian bertanya kepada Flint tentang kapan dia akan mulai bekerja untuk mencapai 5 daftar teratas dan bagaimana dia akan melakukannya.

“Aku akan bekerja sepenuhnya. Aku akan mulai besok. Tapi tidak, aku akan mulai malam ini” Jawab Flint.

Buffett kemudian bertanya tentang list kedua ” Kemudian bagaimana dengan daftar yang tidak kamu lingkari?”

Dengan percay diri Flint menjawab ” 5 daftar yang aku lingkari adalah fokus utamaku, sedangkan 20 daftar lainnya akan mengikuti. Jadi aku akan mengerjakannya disela-sela ketika aku mengerjakan 5 daftar teratas”

Buffett menjawab dengan tegas ” Tidak, kamu salah! Apapun yang terjadi, daftar-daftar itu tidak akan mendapatkan perhatian dari kamu sampai kamu berhasil mencapai 5 daftar teratas yang sudah kamu lingkari”

———

LANGKAH MEMBUAT ATURAN 25/5

Jika kalian belum membuat 25 daftar yang ingin kamu capai, langkah – langkah ini akan membantu kalian. Dan jangan lupa untuk memberikan ACTION!

LANGKAH 1 : TULIS 25 TUJUANMU

Tulislah pada selembar kertas, di smartphone, buku dimanapun itu. Yang terpernting adalah kalian mudah untuk mengingatnya. 25 daftar ini adalah daftar yang ingin kalian capai dalam tahun yang akan datang, 5 tahun yang akan datang atau bahkan sepanjang hidupmu.

Ada beberapa pertanyaan untuk membuat daftar ini.

  • Aku ingin menjadi apa?
  • Apa yang aku ingin lakukan?
  • Apa yang ingin aku punya?

LANGKAH 2 : REVIEW DAN PILIHLAH 5 DAFTAR YANG MENJADI PRIORITAS

Setelah membuat 25 daftar mimpi yang ingin kalian capai, sekarang saatnya untuk mereview daftar tersebut dan memilih 5 yang paling kamu anggap penting dan memberikan dampak terbesar dalam hidupmu.

Tanyakan pada dirimu

  • Apakah ini akan memberikan pengaruh yang besar jika dibandingkan goal yang lain?
  • Apakah ini akan membuatku dan orang-orang yang aku sayangi bahagia?
  • Apakah ini membuatku semakin jauh dengan ALLAH atau semakin membuatku dekat dengan-NYA?

LANGKAH 3 : FOKUS PADA LIMA DAFTAR TERATAS DAN HIRAUKAN DAFTAR LAINNYA

Bagi kedalam 2 bagian. Pertama adalah lima daftar yang menjadi prioritas kamu, dan yang akan menjadi fokus kamu. Yang kedua adalah daftar yang tidak akan mendapatkan perhatianmu sebelum lima daftar teratas tercapai semua.

Habiskan semua tenaga dan waktumu untuk mencapai lima daftar teratas tersebut dan hindari daftar lainnya. Dengan cara seperti ini kalian akan selalu fokus pada goals kalian

———

KEKUATAN FOKUS

Banyaknya gangguan dan pencapaian yang harus kita capai membuat kita melupakan pentingnya fokus. Ketika kita dialihkan pada sesuatu yang tidak memberi perubahan yang signifikan justru akan membuat kita membuang waktu dan menjadikannya tidak efektif.

Dalam aturan Buffett 25/5 ini, kita dituntut untuk hanya fokus pada goals yang kita rasa memberi perubahan besar dalam hidup kita dan mengesampingkan goals yang sebenarnya bisa dicapai dilain hari.

Fokus tidak hanya tentang apa yang kita capai, tapi juga tentang bagaimana kita mencapapi itu. Usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil. Ketika kita memberi seluruh energi, waktu, dan usaha hanya untuk apa yang kita capai, hasil juga akan berbuah manis.

Tak jarang juga fokus kita terganggu karena luka dimasa lalu, dan kekhawatiran akan masa depan. Hiduplah diwaktu sekarang karena yang berlalu tidak akan pernah bisa kita ubah dan yang akan datang tidak akan pernah kita ketahui.

Catatan untuk diriku sendiri adalah pastikan bahwa semua tujuan yang kita ingin capai tidak hanya tentang dunia semata. Hadirkan tujuan akhirat disetiapnya langkahnya.

 

“Siapa saja yang menjadikan akhirat sebagai cita-citanya, maka Allah menaruh kekayaan di dalam hatinya, mengumpulkan urusannya, dan dunia datang kepadanya dalam keadaan hina. Dan barang siapa yang menjadikan dunia sebagai cita-citanya, maka Allah menempatkan kefakiran dalam hatinya, mencerai-beraikan urusannya, dan dia tidak akan mendapatkan dunia, kecuali yang telah ditakdirkan untukknya.”

~HR Tirmidzi

 

 

 


FOOTNOTE

  1. Aku pertama baca cerita ini disini ( James Clear )