Dopamin, Aku butuh kamu

Dopamin, Aku Butuh Kamu

Apa yang kita pertama kali lakukan saat bangun tidur? atau sebelum tidur? melihat handphone?

Saat mengerjakan tugas sekolah? melihat handphone?

mengerjakan deadline kantor? melihat handphone?

Kehidupan nyata sudah tidak cukup lagi bagi kita

Kita dibombardir setiap hari dengan mudah, dengan instant dan dengan dosis yang berlebih untuk mendapatkan hormon dopamin.

Video games, aplikasi handphone, iklan, video youtube, sosial media menawarkan kepada kita cara cepat mendapatkan kebahagiaan tanpa membutuhkan waktu yang lama, menawarkan kepada kita cara lari dari masalah, menawarkan kepada kita cara mendapatkan validasi masyarakat. Yang lebih baik lagi adalah semua itu telah menawarkan kita bagaimana hidup dengan tidak fokus, dan bagaimana melalui hidup tanpa tujuan.

Ya, mereka seperti menyihir kita, melupakan kita sejenak, bahwa waktu seolah bisa menunggu kita, denga embel-embel besok.

ah, besok aja lah ngerjain PR.

ah besok aja lah belajar ujiannya.

ah besok, besok, dan besok. Sampai kita ditepuk oleh waktu “besok adalah harinya”, disitulah baru kita mengeluarkan semua energi untuk belajar, untuk membuat hasil akhir menjadi terbaik. Tidakkah hal seperti ini sebenarnya justru membuat kita keteteran, membuat kita tergesa-gesa, membuat kita lebih tidak bisa tenang.

Pernahkan kita berpikir orang-orang yang lebih sukses daripada kita, apakah mereka lebih pintar dari kita? apakah mereka lebih bertalenta dari kita?

Sama sekali tidak!

Semua yang mereka dapatkan salah satunya karena hormon dopamin.

Orang-orang kreatif, jenius yang menciptakan penemuan mungkin terlihat sama dimata kita, tapi sebenarnya mereka memiliki sesuatu yang tidak bisa dilihat orang- orang. Mereka memiliki kadar dopamin yang tinggi.

———

APA ITU DOPAMIN?

Dopamin adalah neurotransmitter yang diproduksi oleh otak kita yang mendorong kita melakukan sesuatu. Dopamin juga disebut sebagai “reward chemical” karena fungsinya yang bisa membuat kita merasa senang setelah menyelesaikan sesuatu.

Dopamin juga berperan di sejumlah  fungsi otak seperti mood, tidur, kemampuan fokus, konsentrasi, dan daya ingat.

Dopamin berperan penting dalam mengatur rasa motivasi dalam diri kita yang didapatkan melalui short-term goal dan long-term goal.

MENINGKATKAN HORMON DOPAMIN

Di kehidupan modern sekarang banyak cara yang bisa lakukan untuk menigkatkan kadar dopamin dalam tubuh kita. dengan dopamin yang kita konsumsi setiap hari membuat kita  merasa bahagia dan hidup.

Ada 2 cara meningkatkan dopamin dalam tubuh kita. Kedua cara itu adalah cara sehat dan cara yang tidak sehat, semua yang memberimu rasa “yes, aku berhasil” akan meningkatkan dopamin

Cara yang tidak sehat untuk mendapatkan dopamin adalah kepada hal-hal yang menyebabkan kita kecanduan, seperti:

  • Merokok
  • Minum alkohol
  • Drug
  • Menonton Youtube
  • Bermain video games
  • Scrolling social media

Cara ini adalah cara yang paling cepat untuk mendapatkan dopamin, tapi memiliki efek yang buruk bagi kehidupan dan kesehatan

Cara sehat meningkatkan dopamin adalah

  • Membaca
  • Meditasi
  • Berolahraga
  • Menulis
  • Mendengarkan audio books
  • Makan makanan yang sehat

Pastikan juga bahwa kita tidak kekurangan dopamin, karena dengan kurangnya dopamin kegiatan sehari-hari kita akan terganggu, kita sulit untuk fokus, mood berubah-ubah, cepat bosan, tidak memiliki gairah, daya ingat yang menurun.

———

Kesimpulan

  1. Dopamin adalah hormon yang bisa mendorong kita melakukan sesuatu, membuat kita merasa puas dan bahagia karena berhasil mencapai sesuatu
  2. Semakin banyak dopamin yang diperoleh dengan cara sehat semakin banyak juga manfaat yang didapat, seperti lebih fokus, produktivitas yang meningkat, tidak mudah lupa, mencegah rasa menyesal.