Aku dipertemukan dengan gitar di saat masih duduk di bangku SMP. RAMALAN ZODIAK HARI INI

Di saat itulah, aku juga rajin membeli majalah musik yang menyediakan lagu-lagu hits yang siap untuk dimainkan. Lebih dari itu, ada satu bonus yang membuatku membelinya terus dan terus.

Apa itu?

Ramalan zodiak!

Iya, dimasa itu tingkat kerajinanku membaca zodiak melebihi rajinku mengerjakan PR.

Tingkat keseriusanku membaca zodiak melebihi keseriusanku membaca pelajaran sejarah.

Tingkat rasa penasaranku kepada zodiak melebihi tingkat penasaranku kepada biologi.

Bagi Wahyu SMP, Zodiak adalah pelajaran favoritnya.

Apakah kamu juga sama sepertiku dulu? Bagaimana kalau kita bernostalgia dengan zodiak itu lagi?

Setelah ini aku akan memberimu daftar zodiak. Eits, tahan kuda kalian. Tidak usah bilang A, B, C dulu. Aku hanya ingin kamu membacanya. Dan satu lagi. Setelah membaca zodiakmu, cobalah untuk membaca zodiak yang lain.

ramalan zodiak hari ini

• • •

RAMALAN ZODIAK HARI INI

1. Aries ramalan zodiak hari ini 

Masalah-masalah yang dihadapi Aries seperti keuangan, utang, dan seksualitas nampaknya masih belum mengalami banyak perubahan. Namun kabar baiknya, kamu tidak lagi merasa tegang dan stres seperti tahun lalu.

Tahun ini adalah tahun yang sangat baik untuk melunasi utang baik finansial maupun emosional.

Pertengahan tahun ini adalah waktu yang paling baik untuk Aries. Langkah berani dan berisiko yang kamu tempuh dalam karier kemungkinan bisa berbuah manis.

Untuk percintaan, tahun ini pintu terbuka lebar untuk bertemu dengan orang baru yang berpotensi untuk jadi pasangan kamu ataupun mengubah hubunganmu dan pasangan menjadi lebih serius.

2. Taurus ramalan zodiak hari ini

Untuk kamu yang berzodiak Taurus. Taurus tahun ini sudah mampu menjaga stabilitas emosi dan lebih mudah mengekspresikan perasaan tanpa beban, terutama dalam masalah karier.

Tahun ini juga menjadi awal yang baik untuk mulai berwirausaha. Kamu harus mulai berpikir tentang hal ini sehingga bisa mendapatkan penghasilan lebih banyak, serta memiliki banyak waktu untuk diri sendiri dan orang lain.

Ini juga saat yang tepat untuk kembali berkonsentrasi pada hubunganmu dan pasangan. Komitmenmu kepada banyak orang akan membuat keluarga, kerabat, dan pasangan merasa lebih dihargai dan dicintai.

Bagi kamu yang sudah memiliki pasangan, hubungan percintaanmu akan mengalami transformasi yang besar. Kemungkinan pada tahun ini, kamu bisa melihat siapa pasangan yang cocok untukmu. Belajarlah untuk ikhlas dan siap menghadapi kenyataan terburuk dalam hubunganmu. Namun kamu bisa jadi pribadi yang lebih kuat dan mandiri ketika mampu melepaskan egomu sendiri.

3. Gemini ramalan zodiak hari ini

Banyak pelajaran bagi Gemini, terutama dalam hubungan asmara. Pelajaran ini membuat kamu mampu mengambil keputusan dan komitmen dalam hubungan.

Dalam karier, nampaknya kamu harus berjuang keras untuk bisa meningkatkan taraf hidupmu. Kamu mendambakan kehidupan yang lebih solid, stabil dari sebelumnya. Tak heran, kamu rela bekerja keras dan bersedia melakukan apa saja, termasuk jika harus mengubah sifat-sifatmu. Akan tetapi, kamu akan menemukan kenyamanan jika tetap konsisten selama beberapa tahun ke depan.

Kamu juga akan belajar banyak nilai kesabaran, keuletan, dan kerja keras. Namun, hal ini akan berdampak besar pada kesehatanmu. Semakin berat pekerjaanmu, maka kesehatan kamu bisa terganggu. Kamu juga harus menemukan keseimbangan antara pekerjaan dan kesehatan.

4. Cancer ramalan zodiak hari ini

Pada tahun lalu, kamu sudah banyak menghadapi ketakutan dan masalah-masalah. Namun hal ini membantumu untuk jadi pribadi yang lebih kuat dan kreatif.

Tahun ini bersiaplah untuk melakukan ekspansi besar-besaran, kejutan manis dan penuh cinta. Ada banyak kesempatan yang luar biasa untuk meningkatkan prestasi dan kehidupanmu. Hal ini bisa dicapai karena adanya kepercayaan diri yang tinggi, sifat optimis tentang hidup dan masa depanmu.

Dalam hubungan cinta, kamu diminta untuk menempatkan banyak waktu dalam mengejar keinginan hatimu tanpa terkecuali. Jika kamu bisa menemukan hal atau pasangan yang kamu cintai, hidupmu pasti jauh lebih berharga daripada tahun lalu.

5. Leo

Kamu yang berbintang Leo nampaknya harus siap menggali semua potensi diri lebih dalam di tahun ini. Karena jika benar-benar digali, kamu bisa bermetamorfosis total dan lengkap dalam banyak hal. Namun, sebelumnya kamu membutuhkan waktu untuk menganalisis dan menyelidiki potensi dalam hidupmu. Jangan pernah meragukan kekuatan dan kemampuanmu sendiri,  karena kamu mampu melakukannya dengan baik.

Sayangnya pada tahun ini kamu juga akan menghadapi banyak masalah. Masalah keluarga dan masalah psikologis yang diwariskan dari orangtua akan muncul ke permukaan. Tetapi tak perlu khawatir karena kamu mampu melewatinya.

Dalam hubungan sosial, Leo diberkati dengan orang-orang berbakat dan bisa membantumu mencapai tujuan. Maka ciptakanlah banyak mimpi besar dalam kehidupanmu. Awal sampai pertengahan tahun nanti adalah saat yang tepat untuk membangun jaringan sosial dengan banyak orang, namun pertengahan sampai akhir tahun sebaiknya kamu kembali ke ruang internal dan lebih banyak berpikir kreatif.

6. Virgo

Tahun yang penuh perubahan besar bagi Virgo. Inilah saatnya memikirkan hal baru untuk hidupmu. Jika kamu belum nyaman menjadi seorang guru, pembicara atau penulis, maka pikirkan untuk menemukan potensi lainnya. Pikirkan kemampuan hebatmu yang berhubungan dengan bicara.

Bersiaplah untuk mendorong keluar semua ide kreatifmu yang paling kuat untuk menambah prestasi dan kepuasan kariermu. Namun, pertengahan tahun ini kamu tidak akan terlalu berhasrat untuk mengejar karier lagi. Kamu akan lebih suka bersosialisasi dan bertemu banyak teman-teman baru. Siapkan dirimu untuk bertemu banyak orang yang luar biasa yang bisa membantu mewujudkan impianmu.

Tahun ini juga, agaknya kamu masih merasa haus akan ilmu pengetahuan dan bersemangat untuk kembali menempuh pendidikan. Namun sayang di dalam keluarga, hubunganmu cenderung berantakan. Ketegangan dengan saudara kandung atau kerabat bisa jadi masalah. Terutama jika ada hubungannya dengan pekerjaan, hukum, dan uang.

7. Libra

Libra pada mode kebangkitan total. Kamu akhirnya bisa mengucapkan selamat tinggal pada ketegangan dan masalah yang kerap dialami tahun lalu. Kamu sudah punya banyak pelajaran cinta dan komitmen dalam hidup. Sekarang, kamu siap untuk menempatkan pelajaran ini dalam hidupmu.

Kamu akan menaruh banyak perhatian pada keuangan. Kamu harus menyusun anggaran dan strategi yang tepat untuk menyusun anggaran. Atur pembiayaanmu agar bisa bebas dari utang.

Dalam hubungan sosialisasi, kamu mulai bisa menempatkan batas-batas diri yang tepat dengan orang lain.

8. Scorpio

Scorpio juga akan mengalami gairah dan kemajuan dalam hidupnya. Ini adalah tahun yang baik untuk mengeluarkan berbagai ide kreatif dan melepaskan semua masalah dalam dirimu.

Kamu bergerak sangat cepat untuk maju. Kamj punya banyak kesempatan untuk pindah kerja, memulai atau mengakhiri hubungan, atau melakukan banyak hal baru dalam hidup. Yakinlah jika kamu bisa menempatkan energimu ke dalam hal yang tepat, maka kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Tahun ini akan menggembirakan dalam kehidupan spiritual Scorpio. Biasanya kamu sangat sensitif dan rentan emosi, namun hal ini ternyata juga bisa menguatkan kehidupanmu. Dengan sensitivitas, kamu bisa membantu banyak orang untuk keluar dari masalah mereka. Kamu bisa banyak berbagi dengan orang lain.

9. Sagitarius

Hidup tak hanya untuk terus bekerja. Tahun ini kamu sangat merindukan masa-masa liburan yang panjang. Kamu seringkali membayangkan kehidupan yang bebas masalah, ketenangan, sampai liburan di hotel mewah. Jika kamu tak bisa berlibur, setidaknya susunlah rencana liburanmu terlebih dulu.

Hubungan sosialmu juga akan berdampak baik bagi pekerjaan. Dengan jaringan dan komunikasi yang baik, ada banyak orang tertarik untuk bermitra denganmu.

Dalam percintaan, kamu yang sudah punya pasangan mungkin mengalami banyak terobosan yang luar biasa. Kamu bisa menjadi lebih bijaksana dalam hubunganmu. Untuk kamu yang masih lajang, kamu bisa menemukan pasanganmu di tahun ini.

10. Capricorn

Bersiaplah untuk menghadapi perubahan dalam hidupmu. kamu tak perlu takut untuk menghadapi perubahan tersebut karena semuanya akan membuka jalan untuk sebuah perbaikan. Cobalah untuk lebih mengikhlaskan semua hal yang sudah terjadi. Jangan terjebak dalam masa lalu yang kelabu.

Kehidupanmu sehari-hari seperti pekerjaan, kesehatan, dan kesejahteraan akan berjalan lancar. Namun hal ini sebaiknya tidak membuatmu terlena. Kamu disarankan juga untuk berolahraga teratur, cukup tidur, dan makan yang benar.

Pertengahan tahun membawa keberuntungan bagimu untuk urusan percintaan. Tidak ada lagi rasa kesepian karena dalam dunia sosial dan percintaan, kamu akan punya banyak kenangan manis dan penuh cinta.

11. Aquarius

Semua kerja kerasmu selama tahun lalu akan terbayar pada tahun ini. Sekarang lah kesempatanmu untuk menetaskan ide-ide kreatif yang sempat tertunda. Awal tahun ini kamu akan memiliki masa-masa romantis dan kreatif dalam percintaan dan karier.

Ini juga jadi waktu yang tepat untuk berwirausaha. Bisnis akan membuatmu sibuk, terutama di akhir tahun. Jadi biarkan dirimu bersenang-senang sebelum pekerjaanmu menumpuk di akhir tahun.

Bagi Aquarius, ini adalah tahun yang penuh keseimbangan sempurna antara bisnis dan liburan.

12. Pisces

Banyak orang yang akan merasa tertarik denganmu pada tahun ini, karena kemampuanmu untuk menciptakan berbagai hal-hal menarik. Seperti biasa, jiwa dermawanmu juga jadi bagian menarik dalam dirimu, maka pertahankanlah.

Tahun ini juga jadi waktu yang tepat untuk memperluas rumah, karena kamu punya banyak keberuntungan dalam bidang properti sampai pertengahan tahun ini. Sebaiknya kamu beralih fokus dari keluarga dan rumah ke arah kesenangan dan asmara.

Pada tahun ini juga, hubungan percintaanmu akan mengalami kemajuan yang berarti. Selain itu pada tahun ini jiwa petualangmu juga akan kembali. Tak ada salahnya untuk melakukan perjalanan kembali karena bisa membantumu untuk menyegarkan pikiran.

• • •

Sudah selesai?

Hahah, aku tidak yakin kamu melakukannya. Yang aku yakini adalah, akan ada dua kemungkinan yang dihasilkan dari perintahku di awal tadi.

  1. Kamu hanya membaca zodiakmu saja.
  2. Kamu tidak membacanya sama sekali. Ayolah, aku berusaha untuk menyusun semua itu.

Okay, maka pertanyaanku berikut ini hanya ditujukan untuk kamu yang membaca zodiak diatas. Bagi yang tidak, mungkin kamu tidak akan mendapat poin yang ingin aku sampaikan. Scroll keatas lagi dan baca 2 menit saja!

  • Apakah zodiak tadi menggambarkan kehidupanmu sekarang?
  • Berapa persen tingkat kebenaran yang diterangkan dalam zodiak tersebut?
  • Lalu, apakah memang benar, jika zodiak memang bisa dijadikan acuan tentang hidup kita?

Oh ya, ada satu fakta yang belum aku ceritakan kepadamu tentang zodiak di atas.

Zodiak diatas adalah zodiak tahun 2013 yang dikutip dari kompas. Iya, zodiak 6 tahun lalu. Hehe.

Aku sendiri juga masih mempercayai zodiak sampai suatu hari aku membaca beberapa hadits tentang hukum membaca ramalan.

Bahkan salah satu ayat Al-Qur’an menamparku tepat pada hati yang bodoh ini.

Tidak ada seorangpun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang ghaib, kecuali Allah.

— QS. An Naml : 65

Tapi, kemudian aku berpikir, apakah ada ilmu di balik itu semua? Apakah ada alasan kenapa kita tidak boleh mempercayai ramalan bintang?

Tetapi orang-orang yang zalim, mengikuti hawa nafsunya tanpa ilmu pengetahuan; maka siapakah yang akan menunjuki orang yang telah disesatkan Allah? Dan tiadalah bagi mereka seorang penolongpun.

— QS Ar-Rum : 29

• • •

MENGAPA KITA MEMPERCAYAI ZODIAK?

Sebelum kita ke pembahasan alasan kenapa kita mempercai zodiak. Ayo kita cari tahu dulu apa itu astrologi.

Astrologi adalah ilmu perbintangan yang dipakai untuk meramal dan mengetahui nasib orang; nujum

— KBBI

Astrologi menunjuk kepada yang mana pun di antara beberapa sistem pengetahuan untuk mengerti, dan menterjemahkan tentang kenyataan dan keberadaan manusiawi, berdasarkan posisi dan gerak-gerik relatif berbagai benda langit, terutama Matahari, Bulan, planet, dan lunar node seperti dilihat pada waktu dan tempat lahir atau lain peristiwa dipelajari.

— WIKIPEDIA

Orang-orang yang mempraktekkan astrologi percaya bahwa karakter seseorang dipengaruhi oleh posisi benda-benda langit pada saat ia lahir.

Jika itu semua terlihat tidak masuk akal, lalu kenapa masih ada banyak orang yang percaya zodiak?

Jawaban satu : 

Astrologi memberikan beberapa hal yang diinginkan sebagai manusia dengan sifat dasarnya : informasi dan gambaran tentang masa depan. Dan ketika mereka mengetahuinya, mereka akan mencari cara untuk terbebas dari situasi buruk, dan mencoba hal yang dianggap baik. Secara tidak langsung, mereka merasa terhubung dengan dunia yang sebenarnya belum terjamah.

Kita mempercayai bahwa di dalam kehidupan tidak ada yang namanya kebetulan. Sesuatu yang terjadi memiliki akar yang menyebabkan dia tumbuh dan menjadi pohon yang besar. Semua kejadian yang terjadi adalah karena ada sebab yang menyertainya.

Astrologi kemudian datang, membuka tangannya seraya ingin memeluk kita dan membisikkan kalimat godaannya…

” Aku tahu bagaimana kehidupanmu nanti, datang dan perbaikilah hidupmu! “

Tidak usah dipungkiri lagi, bahwa masih ada banyak orang yang bahkan datang ke dukun atau bahasa gaul mereka paranormal untuk bisa mendapatkan jawaban atas segala masalah yang dihadapinya.

Mereka yang datang kemudian merasa puas dan merasa telah mendapat manfaat. Iya, mereka percaya dengan saran-saran yang sebenarnya masih menjadi rahasia hidup mereka.

The core of an astrologer’s popularity stems from the fact that he can offer something that no astronomer or any other scientists can give — reassurance. In an uncertain time, when religion, morals, and ethics are shattered so regularly that one hardly notices that they are gone, the astrologer holds out a vision of a world ruled by forces that operate with clockwork regularity.

— Daniel Cohen dalam tulisannya di the Chicago Tribune 1968

Apakah mereka tidak sadar, bahwa saran-saran yang mereka terima sebenarnya hanyalah sebatas asap yang akan hilang jika diterpa angin?

Mereka tidak akan pernah mendapatkan garansi. Baik distributor maupun resmi. Karena memang siapa yang tahu bagaimana keadaan ujung jembatan tanpa melaluinya terlebih dahulu?

Lalu pertanyaan sanggahan mulai terlihat : kenapa beberapa hal yang dijelaskan sangat sama dengan kehidupan kita sekarang? Bagaimana kalau astrologi benar-benar membantu orang?

Tunggu dulu, bagaimana kalau kita ubah pertanyaannya menjadi….

Apakah ada sesuatu yang tidak kita ketahui?

• • •

APAKAH ASTROLOGI HANYALAH PSEUDOSAINS?

Pseudosains atau ilmu semu adalah sebuah pengetahuan, metodologi, keyakinan, atau praktik yang diklaim sebagai ilmiah tetapi tidak mengikuti metode ilmiah.

Jika astrologi tidak bisa dibuktikan secara ilmiah, mungkinkah mengklasifikasikannya sebagai bentuk ilmu semu?

Sebagian orang yang skeptis akan langsung setuju dengan klasifikasi itu, tetapi kita hanya akan tahu dengan memahami beberapa karakteristik dasar sains sebelum kita memutuskan penilaian semacam itu.

Lalu, apa saja syarat / ciri teori-teori ilmiah dan yang sebagian besar atau seluruhnya tidak dikatakan pseudosains:

  • Konsisten secara internal dan eksternal.
  • Parsimonious, hemat dalam entitas yang diusulkan atau penjelasan.
  • Berguna, menggambarkan dan menjelaskan fenomena yang diamati.
  • Dapat diuji secara empiris & dapat dibuktikan salah.
  • Berdasarkan pada percobaan terkontrol dan berulang.
  • Dapat dikoreksi & dinamis, tempat perubahan dilakukan saat data baru ditemukan.
  • Progresif dan mencapai semua yang dimiliki teori sebelumnya dan banyak lagi.
  • Tentatif dan mengakui bahwa itu mungkin tidak benar daripada menyatakan kepastian.

Mari gali lebih dalam satu per satu.

fakta zodiak atau ramalan bintang

APAKAH ASTROLOGI KONSISTEN?

Untuk memenuhi syarat sebagai teori ilmiah, sebuah ide harus konsisten secara logis, baik secara internal (semua klaimnya harus konsisten satu sama lain) dan secara eksternal (kecuali ada alasan yang bagus, itu harus konsisten dengan teori-teori yang sudah diketahui valid dan benar). Jika sebuah ide tidak konsisten, sulit untuk melihat bagaimana itu sebenarnya menjelaskan apa saja, apalagi bagaimana itu mungkin benar.

Astrologi, sayangnya, tidak dapat disebut konsisten baik secara internal maupun eksternal.

Astrologi juga tidak konsisten secara internal, karena begitu banyaknya diklaim dalam astrologi yang sangat tidak jelas. Ini dibuktikan dengan para astrolog sendiri yang saling bertentangan. Dengan demikian, dalam hal itu, astrologi tidak konsisten secara internal.

Astrologi juga tidak konsisten secara eksternal, karena teori-teori yang diklaim benar itu bertentangan dengan apa yang ada di dalam fisika. Ini tidak akan menjadi masalah jika para ahli astrologi dapat menunjukkan bahwa teori mereka menjelaskan alam lebih baik daripada banyak fisika modern, tetapi mereka tidak bisa – sebagai akibatnya, klaim mereka tidak dapat diterima.

APAKAH ASTROLOGI PARSIMONIOUS?

Parsimonious diartikan pelit. Dalam sains, untuk mengatakan bahwa teori itu pelit berarti mereka tidak boleh mendalilkan entitas (adalah sesuatu yang memiliki keberadaan yang unik dan berbeda, walaupun tidak harus dalam bentuk fisik) atau kekuatan yang tidak perlu untuk dijelaskan terhadap fenomena yang dimaksud.

Sedangkan, astrologi tidak pelit karena dia mendalilkan kekuatan yang tidak perlu.

Contohnya saja : harus ada kekuatan yang membangun hubungan antara manusia dan berbagai benda di ruang angkasa.

Jelaslah bahwa kekuatan ini tidak dapat menjadi sesuatu yang pasti, seperti gravitasi atau cahaya.

Agar astrologi menjadi pelit, astrolog harus menghasilkan hasil dan data yang tidak dapat dengan mudah dijelaskan dengan cara lain selain kekuatan baru dan belum ditemukan yang mampu menciptakan hubungan antara individu dan benda di ruang angkasa, untuk mempengaruhi kelahiran dan kehidupan seseorang.

Namun, selama ribuan tahun saat masalah ini muncul, disitu jugalah para astrolog tidak ada yang muncul dan menyampaikan datanya.

APAKAH ASTROLOGI BERDASARKAN BUKTI?

Dalam sains, klaim yang dibuat pada prinsipnya dapat diverifikasi dan kemudian, ketika sampai pada eksperimen, itu adalah sebuah fakta.

Dalam pseudosains, ada klaim luar biasa yang dibuat untuk bukti yang sangat tidak mencukupi. Jika sebuah teori tidak didasarkan pada bukti dan tidak dapat diverifikasi secara empiris, tidak ada cara untuk mengklaim bahwa teori itu ada kaitannya dengan kenyataan.

Carl Sagan menciptakan ungkapan bahwa “klaim luar biasa membutuhkan bukti luar biasa.” Artinya dalam praktik adalah bahwa jika suatu klaim tidak terlalu aneh atau luar biasa bila dibandingkan dengan apa yang sudah kita ketahui tentang dunia ini, maka tidak banyak bukti yang diperlukan untuk menerima klaim yang cenderung akurat.

Di sisi lain, ketika suatu klaim sangat bertentangan dengan hal-hal yang sudah kita ketahui di dunia ini, maka kita akan membutuhkan cukup banyak bukti untuk menerimanya.

Mengapa?

Karena jika klaim ini akurat, maka banyak kepercayaan lain yang kita anggap remeh tidak akurat. Jika kepercayaan tersebut didukung dengan baik oleh eksperimen dan pengamatan, maka klaim baru dan bertentangan memenuhi syarat sebagai “luar biasa” dan hanya boleh diterima ketika bukti untuk itu melebihi bukti yang sudah ada sebelumnya.

Astrologi adalah contoh sempurna dari bidang yang ditandai dengan klaim luar biasa.

Jika benda-benda jauh di ruang angkasa dapat mempengaruhi karakter dan kehidupan manusia hingga derajat yang diduga, maka prinsip-prinsip dasar fisika, biologi, dan kimia yang sudah kita terima begitu saja bisa jadi tidak akurat.

Oleh karena itu, cukup banyak bukti yang berkualitas tinggi  sangat diperlukan sebelum klaim astrologi dapat diterima. Kurangnya bukti seperti itu, bahkan setelah ribuan tahun penelitian, menunjukkan bahwa bidang itu bukan ilmu tetapi lebih dari pseudosains.

APAKAH ASTROLOGI FALSIFIABILITAS?

Falsifiabilitas atau refutabilitas adalah kemungkinan bahwa sebuah pernyataan dapat difalsifikasi atau dibuktikan salah melalui observasi atau uji coba fisik. Sesuatu yang bisa difalsifikasi bukan berarti itu salah, namun berarti bahwa jika pernyataan tersebut salah, maka kesalahannya dapat ditunjukkan.

Falsifiabilitas, terutama testabilitas, merupakan konsep penting dalam ilmu pengetahuan dan filsafat ilmu pengetahuan. Konsep ini dipopulerkan oleh Karl Popper. Popper menyatakan bahwa hipotesis, dalil, atau teori, itu ilmiah apabila bisa difalsifikasi. Falsifiabilitas merupakan kriteria penting (tetapi tidak cukup) untuk gagasan-gagasan ilmiah. Ia juga menyatakan bahwa pernyataan yang tak bisa difalsifikasi itu tidak ilmiah.

Dalam astrologi, tampaknya tidak ada keadaan seperti itu – itu berarti astrologi tidak dapat difalsifikasi. Dalam praktiknya, kita menemukan bahwa astrolog akan menggunakan bukti yang paling lemah sekalipun untuk mendukung klaim mereka. Namun, kegagalan berulang mereka untuk menemukan bukti tidak pernah diizinkan sebagai bukti yang bertentangan dengan teori mereka.

Memang benar bahwa para ilmuwan individu juga dapat menghindari data seperti itu – itu adalah sifat manusia yang  menginginkan teori itu menjadi benar dan untuk menghindari informasi yang saling bertentangan.

Namun, hal yang sama tidak dapat dikatakan untuk seluruh bidang sains. Bahkan jika satu orang menghindari data yang tidak menyenangkan, peneliti lain dapat membuat nama untuk dirinya sendiri dengan menemukan dan menerbitkannya – inilah sebabnya sains mengoreksi diri. Sayangnya, kita tidak menemukannya dalam astrologi.

APAKAH ASTROLOGI DIDASARKAN PADA EKSPERIMEN TERKONTROL DAN BERULANG?

Teori-teori ilmiah didasarkan pada dan mengarah pada percobaan yang terkontrol dan berulang, sedangkan teori pseudosains didasarkan pada dan mengarah pada eksperimen yang tidak terkontrol dan / atau tidak dapat diulang.

Ini adalah dua karakteristik kunci dari sains asli: kontrol dan pengulangan.

Kontrol berarti bahwa dimungkinkan, baik secara teori maupun dalam praktik, untuk menghilangkan faktor-faktor yang mungkin mempengaruhi hasil. Karena semakin banyak faktor yang mungkin dihilangkan, lebih mudah untuk mengklaim bahwa hanya satu hal tertentu yang menjadi penyebab “nyata” dari apa yang kita lihat.

Misalnya, jika dokter berpikir bahwa minum wine membuat orang lebih sehat, mereka akan memberikan subjek tes bukan hanya wine, tetapi juga minuman yang mengandung bahan-bahan tertentu dari wine, kemudian akan dilihat, kandungan apa yang terdapat dalam anggur, yang membuat subyek mana yang lebih sehat.

Pengulangan berarti bahwa kita tidak bisa menjadi satu-satunya yang mencapai hasil kita. Pada prinsipnya, harus ada penelitian lain yang mencoba melakukan eksperimen yang sama persis dan sampai pada kesimpulan yang sama persis. Ketika ini terjadi dalam praktik, teori dan hasil akan semakin dikonfirmasi.

Namun, dalam astrologi, kontrol atau pengulangan tidak tampak umum – atau, kadang-kadang, bahkan tidak ada sama sekali.

Kontrol, ketika mereka muncul, biasanya sangat lemah. Ketika kontrol cukup diperketat untuk melewati pengawasan ilmiah biasa, adalah umum bahwa kemampuan astrolog tidak lagi memanifestasikan diri mereka ke tingkat yang lebih tinggi dari kebetulan.

Pengulangan juga tidak benar-benar terjadi karena ahli nujum lainnya terbukti tidak mampu mengulangi temuan rekan mereka secara konsisten, paling tidak ketika kontrol ketat atas studi tersebut diberlakukan.

Selama temuan-temuan para astrolog tidak dapat direproduksi secara andal, para astrolog tidak dapat mengklaim bahwa temuan-temuan mereka konsisten dengan kenyataan, bahwa metode-metode mereka valid atau bahwa astrologi memang benar.

APAKAH ASTROLOGI DAPAT DIPERBAIKI?

Dalam sains, teori bersifat dinamis – ini berarti bahwa mereka rentan terhadap koreksi karena informasi baru, baik dari eksperimen yang dilakukan untuk teori yang dipermasalahkan atau dilakukan di bidang lain.

Dalam ilmu semu, sedikit saja perubahan. Penemuan dan data baru tidak menyebabkan orang percaya dan malah mempertimbangkan kembali asumsi atau premis yang mendasar.

Apakah astrologi itu benar dan dinamis?

Ada sedikit bukti dari para peramal yang membuat perubahan mendasar dalam cara mereka mendekati subjek mereka. Mereka mungkin menggabungkan beberapa data baru, seperti penemuan planet baru, tetapi prinsip-prinsip sihir simpatik masih membentuk dasar dari semua yang dilakukan para peramal.

Karakteristik dari berbagai tanda zodiak pada dasarnya tidak berubah dari zaman Yunani kuno dan Babel. Bahkan dalam penemuan planet baru, tidak ada ahli astrologi yang mengakui bahwa horoskop sebelumnya semuanya cacat karena data yang tidak mencukupi (karena astrolog sebelumnya tidak memperhitungkan sepertiga planet di tata surya ini).

Ketika astrolog kuno melihat planet Mars, tampak merah – ini dikaitkan dengan darah dan perang. Dengan demikian, planet itu sendiri dikaitkan dengan sifat-sifat suka berperang dan agresif, sesuatu yang terus berlanjut hingga hari ini. Ilmu pengetahuan asli hanya akan menghubungkan karakteristik seperti itu ke Mars setelah penelitian yang cermat dan pegunungan bukti empiris dan berulang.

APAKAH ASTROLOGI BERSIFAT BELUM PASTI?

Dalam sains, tidak ada yang berpendapat bahwa kurangnya penjelasan alternatif itu sendiri adalah alasan untuk menganggap teori mereka benar dan akurat.

Dalam pseudosains, argumen semacam itu dibuat sepanjang waktu. Ini adalah perbedaan penting karena, ketika dilakukan dengan benar, sains selalu mengakui bahwa kegagalan saat ini untuk menemukan alternatif tidak menunjukkan bahwa teori yang dimaksud sebenarnya benar.

Namun, dalam astrologi, klaim sering dibingkai dengan cara negatif yang tidak biasa. Tujuan percobaan bukan untuk menemukan data yang dapat dijelaskan oleh teori; sebaliknya, tujuan percobaan adalah untuk menemukan data yang tidak dapat dijelaskan. Kesimpulannya kemudian ditarik bahwa, dengan tidak adanya penjelasan ilmiah, hasilnya harus dikaitkan dengan sesuatu yang supranatural atau spiritual.

Argumen semacam itu tidak hanya merugikan, tetapi juga tidak ilmiah. Mereka mengalahkan diri sendiri karena mereka mendefinisikan ranah astrologi dalam istilah-istilah yang sempit – astrologi menggambarkan apa pun yang tidak bisa dilakukan oleh sains biasa.

Argumen yang ada berlawanan dari cara kerja ilmu pengetahuan.

Teori-teori ilmiah dirancang untuk memasukkan lebih banyak dan lebih banyak data. Para ilmuwan juga suka mendapatkan lebih sedikit teori yang menggambarkan lebih banyak fenomena daripada banyak teori yang masing-masing menjelaskan sangat sedikit.

• • •

THE BARNUM EFFECT

Akhirnya kita sampai kepada alasan psikologis, kenapa kita mempercayai ramalan zodiak?

Fenomena dibalik itu semua dinamakan The Barnum Effect.

The Barnum Effect, juga disebut The Forer Effect, adalah fenomena psikologis yang umum di mana individu memberikan peringkat akurasi tinggi untuk deskripsi kepribadian mereka yang dipecaya telah dirancang khusus untuk mereka, yang pada kenyataannya itu semua samar dan cukup umum untuk diterapkan pada berbagai macam orang.

— Wikipedia

Karakterisasi ini sering digunakan oleh para praktisi sebagai teknik untuk meyakinkan para korban bahwa mereka diberkahi dengan karunia luar biasa.

Karena pernyataan penilaian ini sangat samar, orang akhirnya menafsirkan maknanya sendiri, sehingga pernyataan itu menjadi “pribadi” bagi mereka.

Istilah “Barnum Effect” sendiri diciptakan pada tahun 1956 oleh psikolog Paul Meehl dalam esainya Wanted – A Good Cookbook.

kenapa kita percaya ramalan bintang?

• • •

Pada tahun 1947, seorang psikolog bernama Ross Stagner meminta sejumlah manajer personalia untuk mengikuti tes kepribadian.

Setelah mereka mengikuti tes, bukannya merespons dengan umpan balik berdasarkan pada jawaban individu mereka yang sebenarnya, Stagner justru memberikan masing-masing dari mereka dengan umpan balik umum yang tidak ada hubungannya dengan jawaban tes mereka, umpan balik yang didasarkan pada horoskop, analisis grafik, dan sejenisnya.

Masing-masing manajer kemudian ditanya seberapa akurat penilaiannya. Lebih dari setengah menggambarkan penilaian itu akurat, dan hampir tidak ada yang menggambarkan penilaian itu salah.

Pada tahun 1948, dalam apa yang disebut sebagai “classic experiment“, psikolog Bertram R. Forer memberikan tes psikologi — yang disebut “Diagnostic Interest Blank” .

fakta zodiak

Forer memberikan tes tersebut kepada 39 siswa psikologi dan memberi tahu mereka bahwa masing-masing akan menerima sketsa kepribadian singkat berdasarkan hasil tes mereka.

Satu minggu kemudian Forer memberi masing-masing siswa sebuah sketsa yang dikatakan bahwa sketsa tersebut dibuat khusus untuk masing-masing siswa ( setiap siswa menerima sketsa kepribadian yang berbeda) dan meminta masing-masing siswa untuk menilai seberapa benar penilainan tersebut.

Pada kenyataannya, setiap siswa menerima sketsa yang sama, yang terdiri dari item-item berikut:

  • Anda sangat membutuhkan orang lain untuk menyukai dan mengagumi Anda.
  • Anda memiliki kecenderungan untuk mengkritik diri sendiri.
  • Anda memiliki banyak kapasitas yang tidak digunakan yang belum Anda manfaatkan.
  • Meskipun Anda memiliki beberapa kelemahan kepribadian, Anda biasanya dapat mengimbanginya.
  • Penyesuaian seksual Anda telah menimbulkan masalah bagi Anda.
  • Disiplin dan mengendalikan diri di luar, Anda cenderung mengkhawatirkan dan merasa tidak aman di dalam.
  • Terkadang Anda memiliki keraguan serius apakah Anda telah membuat keputusan yang tepat atau melakukan hal yang benar.
  • Anda lebih suka sejumlah perubahan dan variasi dan menjadi tidak puas ketika dikurung oleh pembatasan dan batasan.
  • Anda bangga sebagai pemikir independen dan tidak menerima pernyataan orang lain tanpa bukti yang memuaskan.
  • Anda merasa tidak jujur dan tidak ​​terlalu terbuka dalam mengungkapkan diri kepada orang lain.
  • Terkadang Anda ekstrovert, ramah, suka bergaul, sementara di lain waktu Anda introvert, waspada, pendiam.
  • Beberapa aspirasi Anda cenderung tidak realistis.
  • Keamanan adalah salah satu tujuan utama Anda dalam hidup.

Hasilnya?

Rata-rata, para siswa menilai keakuratannya sebesar 4,30 pada skala 0 (sangat buruk) hingga 5 (sangat baik).

Setelah penilaian diberikan, siswa diberitahu bahwa sebenarnya mereka menerima sketsa identik yang dikumpulkan oleh Forer dari buku astrologi kios koran.

Faktanya, sketsa tersebut berisi pernyataan yang tidak jelas dan bersifat cukup umum untuk diterapkan pada kebanyakan orang.

Forer mengaitkan efek ini dengan sifat mudah tertipu. Efek itu sendiri bernama “The Pollyanna Principle“, yaitu kecenderungan orang untuk mengingat sesuatu yang menyenangkan lebih tinggi dan menganggapnya sebagai hal yang akurat daripada sesuatu yang tidak menyenangkan. ramalan zodiak hari ini

Penelitian Menunjukkan bahwa pada tingkat bawah sadar, pikiran memiliki kecenderungan untuk fokus pada hal yang optimis, sementara pada tingkat sadar, ia cenderung berfokus pada yang negatif.

• • •

MEMPERCAYAI ZODIAK LAGI? NO WAY!

Kita telah diperdaya dengan klasifikasi bintang, di mana setiap bintang akan memiliki pengaruh hidup yang berbeda-beda di setiap individu.

Klasifikasi tersebut juga menyebabkan kita hanya percaya pada bintang kita. Kita menganggap bahwa penjelasan yang ada pada bintang lain tidaklah cocok dengan kondisi kita sekarang.

Padahal jika diperhatikan seksama, semua penjelasan disetiap bintang adalah bersifat umum dan universal.

Lalu, kenapa terkadang apa yang dijelaskan sangat mengena ke hati?

Kembali lagi, itu semua karena penjelasan yang ada bersifat umum. Kedua, ketika kita membacanya, secara tidak sadar kita akan mencari penjelasan tersebut ke masa lalu kita dan mencocokkannya. Ketika itu cocok, apa yang terjadi?

Kita akan mengkonfirmasinya dan menyetujui bahwa ramalan itu akurat. ramalan zodiak hari ini

Selanjutnya, apakah kamu masih mempercayai bintangmu?ramalan zodiak hari ini

Kita terbiasa hidup di dalam kebohongan. Maka, mencari hal yang kontradiktif akan menuntun kita ke pintu baru yang belum pernah kita buka sebelumnya. Ilmu bukan untuk ditunggu, tetapi untuk dicari dan diperjuangkan.

ramalan zodiak hari ini ramalan zodiak hari ini ramalan zodiak hari ini


FOOTNOTES

  1. Aku tergerak untuk menulis artikel ini ketika menemukan apa itu Barnum Effect dan seringnya aku melihat temanku yang memasang status ramalan bintang.
  2. Ramalan zodiak tahun 2013 diatas aku kutip dari kompas.
  3. Syarat-syarat ilmu sains aku dapatkan dari Is Astrology a Pseudoscience?
  4. Penjelasan yang lengkap tentang beberapa efek bisa kamu baca di Barnum Effect dan Pollyanna Principle. Dan jika kamu ingin melihat bagaimana eksperimen itu dilakukan kamu bisa menontonya di The Barnum Effect.
  5. Jika kamu ingin membaca hasil penelitiannya, kamu bisa download disini.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.