Reading Notes

Reading Notes adalah halaman tentang ringkasan buku yang telah aku baca. Ringkasan yang aku tulis berupa poin-poin yang berisi ide atau pelajaran penting yang aku dapat dari buku tersebut.

Halaman Reading Notes ini akan selalu diperbarui ketika aku selesai membaca suatu buku yang masih memiliki hubungan dengan self-exploration. Kamu bisa menyimpannya dengan cara bookmarked dan jangan lupa dibagikan jika kamu menemukan sesuatu yang bermanfaat. Reading Notes


When The Body Says No: The Cost of Hidden Stress by Gabor Maté: Tubuh, pikiran, dan jiwa yang ada di dalam tubuh kita tidaklah terpisah. Mereka semua saling berkaitan. Kemunduran di salah satu hal akan memengaruhi fungsi yang lain—kualitas kesehatan dan kehidupan kita.

Atomic Habits: An Easy & Proven Way to Build Good Habits & Break Bad Ones by James Clear: Kualitas hidup kita adalah kebiasaan kita. Keluhan yang sering kita lakukan dalam menghadapi permasalahan tentang membangun kebiasaan akan dijawab oleh buku ini dalam langkah yang pratikal.

Flow: The Psychology of Optimal Experience by Mihaly Csikszentmihalyi: Siapa yang tidak ingin mendapatkan kebahagiaan? Tenang, tidak perlu mencarinya di luar karena kita bisa mengusahkannya dari dalam: flow.

Boundaries: When to Say Yes, How to Say No to Take Control of Your Life by Henry Cloud and John Townsend: Tanpa batasan, kehidupan kita tidak terarah. Kita akan menghadapi masalah dengan hal internal dan eksternal. Akibatnya, pengalaman kita dalam menjalani hidup tidak maksimal. Buat batasanmu, ambil alih kontrol diri dan hidupmu!

Ego Is The Enemy by Ryan Holiday: Ego adalah musuh terbesar kita dalam mencapai versi terbaik diri, tetapi itu bukan berarti kita menyerah di setiap intervensi yang dilakukannya. Kita bisa mengelolanya. Kita bisa mengarahkannya.

The Great Mental Models: General Thinking Concepts by Shane Parrishs: Kita dapat meningkatkan pemahaman kita tentang bagaimana dunia bekerja dengan menggunakan model mental untuk membentuk cara kita berpikir, bagaimana kita memahami, dan bagaimana kita membentuk kepercayaan. Buku ini memiliki jawabannya.

Factfulness: Ten Reasons We’re Wrong About the World and Why Things Are Better Than You Think by Hans Rosling: Apakah dunia kita ini semakin baik? Atau malah semakin buruk? Jika kamu memilih jawaban yang kedua, kamu harus mempelajarinya fakta sekali lagi.

Peak: Secrets from the New Science of Expertise by Anders Ericsson: Apakah bakat itu ada? Jika kamu masih percaya, buku ini akan menjelaskan hasil penelitian berpuluh-puluh tahun yang dilakukan penulis.

Quiet: The Power of Introverts in a World That Can’t Stop Talking by Susan Cain: Introvert bukanlah kepribadian yang tertinggal. Kita juga tidak harus menyesuaikan diri di dunia yang cenderung menjunjung tinggi ekstrovert. Sebagai introvert, kita akan tetap bisa berkualitas, hanya saja memiliki cara yang berbeda, cara yang memang sesuai dengan diri kita.

Never Split The Difference: Negotiating As If Your Life Depended On It by Chriss Voss: Jika kamu ingin belajar bernegosiasi dengan pendekatan yang lebih baik, kamu bisa membaca buku yang ditulis oleh mantan negosiator sandera FBI.

Digital Minimalism: Choosing a Focused Life in a Noisy World by Cal Newport: Memiliki masalah dalam menggunakan teknologi? Buku ini akan memandu kita bagaimana cara mendapatkan manfaat dalam poin maksimal dalam penggunaan teknologi.

Why We Sleep: Unlocking The Power Of Sleep And Dreams by Matthew Walker: Buku ini membahas tentang kebenaran tidur. Iya, tidur, sesuatu hal yang kita anggap remeh ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita yang akhirnya juga akan memengaruhi hidup kita.

Deep Work: Rules for Focused Success in a Distracted World by Cal Newport: Gangguan teknologi membuat kita semakin sulit berkonsentrasi dan fokus dalam mengerjakan sesuatu. Untuk mencapainya, buku ini menawarkan kepada kita satu keahlian yang bisa kita terapkan—deep work.

Essentialism : The Disciplined Pursuit of Less by Greg McKeown: Jika kamu ingin mengambil manfaat di setiap keputusan, saatnya kamu belajar menjadi seorang Essentialist. Meskipun hanya sedikit hal baru yang aku dapat dari buku ini, tetapi tetap ada poin penting yang bisa kamu ambil.

Barking Up The Wrong Tree : The Suprising Science Behind Why Everything You Know About Success (Mostly) Wrong by Eric Barker: Buku ini menjelaskan kepada kita bagaimana cara mencapai kesuksesan dengan melihat sisi lain yang jarang kita tahu. Sukses di sini bukan hanya tentang membuat uang, tetapi juga tentang bagaimana sikap dan perilaku yang kita butuhkan untuk mencapai kesuksesan.

The Dip: A Little Book That Teaches You When to Quit (and When to Stick) by Seth Godin: Buku singkat ini berhasil membuka pikiranku tentang sisi lain dari menyerah. Strategi menyerah yang baik dan tepat akan membantu kita dalam mencapai hal yang kita inginkan.

Learning How To Learn by Barbara Oakley: Buku ini menjelaskan bagaimana cara memaksimalkan kinerja otak ketika mempelajari sesuatu dengan tetap menyenangkan serta bisa mengurangi rasa stres dan frustasi. 

The First 20 Hours – How To Learn Anything … Fast by Josh Kaufman: Setiap orang ingin bisa melakukan keahlian yang diinginkan. Tetapi kita terkadang masih bingung untuk mulai dari mana atau masih belum bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Di buku ini kita akan menemukan jawaban bagaimana cara untuk bisa mencapai keahlian dalam tingkatan “cukup” secara efisien dan efektif.

The Subtle Art of Not Giving a F*ck by Mark Manson: Buku ini membantu kita untuk berpikir lebih jelas lagi tentang apa yang kita pilih untuk menemukan segala sesuatu yang penting dan tidak penting dalam hidup kita. Buku ini juga memberikan gambaran bagaimana mengubah rasa sakit menjadi sebuah alat untuk menambang kekuatan agar hidup menjadi lebih bermakna.

Mindset : The New Psychology Of Success by Carol Dweck: Buku ini membahas tentang bagaimana mindset menentukan cara kita menjalani hidup. Mengubah mindset akan berdampak pada tindakan dan akhirnya kehidupan kita.